Article Detail

Beri Pelayanan Terbaik Sekolah Tarakanita Blok Pluit

Yayasan Tarakanita menunjukkan komitmen kuatnya dalam mengembangkan kualitas pendidikan dengan menjadikan Sekolah Tarakanita Blok Pluit sebagai salah satu sasaran utama menuju sekolah unggulan. Upaya ini merupakan bagian dari visi Yayasan Tarakanita untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan pendidikannya.

Pada Senin, 28 Juli 2025, sebuah pertemuan penting diadakan di Tarakanita Blok Pluit yang dihadiri oleh Sr. Yudith M. Maryani CB selaku Sekretaris Eksekutif Yayasan Tarakanita beserta staf, dan perwakilan karyawan Tarakanita Blok Pluit.

Maria Dian Putriyanti, S.Pd, yang mewakili karyawan Blok Pluit, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif ini. Dilanjutkan pemaparan oleh Bernardus Yudo Ismedi, S.Sn, bahwa peningkatan kualitas layanan dan pendidikan dapat dicapai melalui Capacity Building yang fokus pada pengembangan kapasitas, keterampilan, pengetahuan, sikap, dan perilaku. “Tarakanita Blok Pluit telah menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, baik dari segi pelayanan maupun fasilitas. Kami optimis Tarakanita Blok Pluit akan menjadi salah satu sekolah unggulan,” tegas Yudo. Ia menambahkan, “Teruskanlah karyamu, Tuhan akan memberkati dasar-dasar yang telah dibangun.”

Pertemuan ini juga menjadi ajang penguatan kolaborasi dan integrasi antar jenjang pendidikan di Tarakanita Blok Pluit, mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA. Seluruh karyawan diharapkan membentuk komunitas yang kuat dengan tujuan dan komitmen bersama untuk memajukan Tarakanita Blok Pluit. “Kepercayaan dan kolaborasi bersama antar jenjang adalah kunci untuk menciptakan pendidikan yang baik. Mari berjuang bersama agar tujuan pendidikan tercapai,” ujar Maria Nurista Astari, S.Pd.

Sr. Yudith M. Maryani CB, M.Pd, menyegarkan kembali Visi Misi Yayasan Tarakanita yang berlandaskan spiritualitas Bunda Elizabeth. Ia menekankan pentingnya bagi seluruh karyawan untuk memahami dan menghidupi nilai-nilai karakter Tarakanita, yaitu CC 5 + KPKC (Cerdas, Cinta Kasih, Cerah Hati, Cerdas Komunikasi, Cerdas Beradaptasi + Kritis, Peduli, Komunikatif, dan Berintegritas). Nilai-nilai ini menjadi landasan untuk mendidik murid menjadi pribadi yang utuh, dewasa, bebas, mandiri, dan berguna bagi diri sendiri serta orang lain. Selain itu, Sr. Yudith CB juga memaparkan kembali Peraturan Yayasan Tentang Karyawan (PTTK), khususnya Pasal 35 mengenai tanggung jawab, pelanggaran, dan sanksi. Ia menjelaskan proses pemberian surat peringatan (SP) dari SP 1 hingga SP 3 sebagai bentuk pembinaan. Harapannya, seluruh karyawan dapat tetap setia melayani hingga purna bakti dan tidak ada yang melakukan pelanggaran PTTK.

Pelayanan Prima menjadi penekanan utama. Setiap karyawan diharapkan menjadi role model bagi para murid, memberikan contoh yang baik, dan menjaga penampilan. “Ketika karyawan sudah berpenampilan baik maka akan mudah untuk menasihati murid. Menjaga penampilan maka siswa akan tertarik dan senang sekolah di Tarakanita. Dengan pelayanan prima, kita bisa mendidik dan menciptakan manusia yang cerdas berintegritas,” tandas Sr. Yudith CB.

Slogan “Tarakanita, Satu Hati Satu Semangat” dan “Tarakanita Cerdas dan Berintegritas” turut digaungkan.

Yosef Todarung S.S., M.M, menutup kegiatan dengan menegaskan bahwa pertemuan ini merupakan dinamika positif yang meningkatkan keterbukaan antara karyawan unit dengan staf pengurus Yayasan, semakin memperkuat komunitas Tarakanita Blok Pluit dalam pelayanan kepada siswa yang dipercayakan oleh masyarakat.

Pertemuan ini dihadiri oleh jajaran penting Yayasan Tarakanita, termasuk Agustinus Suhartana, M.M (Kabiro Keuangan), Paula Rullyati Puji Lestari, M.Pd (Kabiro Umum), Lusia Tuti Sulistyani, S.Si, M.M. (Kasub Biro SDM bidang Perencanaan dan Pengembangan), dan Benulphus Hartoyo, M.M (Kasub Biro SDM bidang Administrasi SDM). Hadir pula para Kepala Jenjang Tarakanita Blok Pluit: Maria Nurista Astari, S.Pd (TK), Emeliana Makaria Tarigan, S.Si (SD), Bernardus Yudo Ismedi, S.Sn (SMP), dan Linda Tri Setianingsih P.P., S.Si, M.Pd (SMA). (Penulis Winarto)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment