Article Detail

SMA Tarakanita 2 Gelar Seminar Nasionalisme dan Kenakalan Remaja

Jakarta, 18 Juli 2025 – SMA Tarakanita 2 hari ini sukses menyelenggarakan kegiatan lanjutan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berupa seminar nasionalisme dan kenakalan remaja. Acara yang ditujukan khusus bagi siswa-siswi Fase E ini berlangsung di Ruang Creativity dan menghadirkan IPTU Maryadi, S.H., Kanit Propam Polsek Metro Penjaringan, sebagai narasumber utama.

Seminar ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan SMA Tarakanita 2 untuk tidak hanya memperkenalkan lingkungan sekolah, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan membekali siswa dengan pemahaman mendalam tentang isu-isu sosial krusial. Pemilihan tema nasionalisme dan kenakalan remaja dianggap sangat relevan mengingat tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini.

Dalam paparannya, IPTU Maryadi, S.H., menyampaikan materi dengan lugas dan interaktif. Beliau menekankan pentingnya menumbuhkan rasa cinta tanah air dan persatuan di kalangan pelajar, serta bahaya dan dampak negatif dari berbagai bentuk kenakalan remaja. "Nasionalisme bukan hanya tentang bendera dan lagu kebangsaan, tetapi juga tentang bagaimana kita berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa, dimulai dari hal-hal kecil di lingkungan sekolah dan masyarakat," ujar IPTU Maryadi.

Lebih lanjut, IPTU Maryadi juga menjelaskan berbagai faktor pemicu kenakalan remaja, mulai dari pengaruh lingkungan, media sosial, hingga kurangnya pengawasan. Ia memberikan contoh kasus nyata dan berbagi tips praktis mengenai cara menghindari perilaku menyimpang serta pentingnya komunikasi yang baik antara siswa, orang tua, dan guru.

Antusiasme peserta terlihat jelas sepanjang seminar. Banyak siswa yang aktif bertanya dan berdiskusi mengenai topik yang disampaikan. Pihak sekolah berharap, kegiatan ini dapat menjadi bekal berharga bagi siswa-siswi Fase E dalam menghadapi tantangan di masa depan, serta membentuk karakter mereka menjadi individu yang bertanggung jawab dan berintegritas. (Cae)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment